Sabtu, 10 September 2016

Kencing Batu

KENCING BATU

Kencing batu adalah suatu penyakit yang menyerang saluran kandung kemih, penyakit kencing batu biasanya terjadi karena adanya air kemih jenuh dengan garam-garam yang dapat membentuk batu atau karena air kemih kekurangan penghambat pembentukan batu yang normal. Penyakit ini akan menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil ataupun tidak. Bahkan terkadang orang yang mempunyai keluhan penyakit kencing batu ini bisa mengeluarkan darah saat buang air kecil dan jika batu tersebut sudah sangat membesar maka penderita tidak dapat mengeluarkan urine melalui saluran kencing.

Batu tersebut terbentuk dari hasil penyaringan zat-zat yang terbuang namun tidak dapat keluar melalui urine sehingga akan menumpuk dan menimbun lalu lama-kelamaan akan berubah menjadi batu dalam saluran kandung kemih. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kencing batu yaitu karena adanya faktor genetik (faktor keturunan), pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan buruk saat buang air kecil berdiri, pola mkan yang tidak teratur dan lain sebagainya.

Gejala Kencing Batu
Rasa nyeri yang menusuk-nusuk, menjalar ke arah samping mengikuti alur saluran kemih. Terkadang ketika buang air kecil terasa nyeri. Sering anyang-anyangan (keluarnya air seni sedikit-sedikit namu sering). Warna air seni menjadi warna kemerahan seperti air daging.
Nyeri yang ditimbulkan oleh batu ginjal tergantung pada letak batunya. Secara umum, nyeri yang terjadi biasanya berlokasi di pinggang belakang. Pinggang kiri atau pinggang kanan tergantung dari letak batunya apakah ada di sistem ginjal kiri atau sistem ginjal kanan. Intensitas nyeri awalnya terasa ringan sedang, namun dalam waktu 20-60 menit nyeri dapat bertambah menjadi sangat hebat. Sampai-sampai orang biasanya tidak bisa berjalan dan penahan nyeri yang paling hebat pun sulit untuk melawan sensasi nyeri ini.

Nyeri Pada Lokasi Lain
Nyeri pada gejala kencing batu ternyata tidak hanya dapat terjadi pada pinggang saja. Tergantung tempat batunya, nyeri dapat dirasakan di berbagai lokasi tubuh. Lokasi tubuh lain yang dapat terasa nyeri ialah di pinggang depan, pinggang depan bagian bawah, daerah selangkangan bahkan di daerah kemaluan baik pada laki-laki dan perempuan. Biasanya nyeri di daerah ini diawali dengan riwayat nyeri pinggang dahulu, meski bisa juga muncul mendadak di lokasi yang telah disebutkan di atas. Sama seperti nyeri pinggang, nyeri di daeran ini pun sifatnya dapat hebat sekali.


 Batu yang keluar saat kencing dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa



Nyeri Saat Berkemih
Gejala kencing batu lainnya ialah terasa nyeri ketika sedang berkemih. Keluhan ini muncul terutama bila batu ginjal berada di kandung kemih. Nyeri terjadi karena ketika berkemih, batu menggesek dinding kandung kemih sehingga akan terasa nyeri saat berkemih dan hilang perlahan setelah selesai berkemih. Gejala ini terutama perlu dibedakan dengan gejala infeksi saluran kencing yang biasanya terasa panas dan perih ketika berkemih.

Gejala-gejala kencing batu sering kali tidak segera terdeteksi karena perubahannya lambat. Mengetahui gejalanya sejak awal penting supaya dapat segera dilakukan perawatan sesegera mungkin sebelum bertambah parah.

Sumber :
1. Dari berbagai media
2. dedaunan.com

Semoga bermanfaat
Salam santun
Adat Sukoco


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.